Search This Blog

Saturday, December 18, 2010

renungan 7

pacaran itu harus'y buat bahagia, seneng, kalo perasaan ini udah gag di dapet dalam suatu hubungan, buat apa dipertahanin?
banyak yg beralasan, karna gag bisa ke lain hati..
karna dia dulu syg bgd sama qta..
karna dia yg terbaik..
dan "karna" yg lain'y.
padahal kenyataan'y, dia udah berubah.
yg tadi'y bilang "i love u" tiap menit, sekarang ucapan permenit'y "apa si kamu?gag penting bgd"
yg tadi'y rajin bilang "kangen kamu"
skarang rajin nolak di tlv dan rajin gag bls sms
yg tadi'y suka ngebujuk kalo qta ngambek, sekarang malah suka ikut ngambek balik.
wew
kata'y "sayang" tapi kok nyakitin ya?
menurut saya, ini udah gag sehat. gimanapun juga, hubungan yg sehat harus membangun karakter yg baik, tanpa menyakiti satu sama lain. tapi, kalau kasus'y gini, yg banyak memberi kasih ini pasti terluka. bayang2 kebaikan masa lalu pasangan yg berubah jadi acuh ini jadi seperti bom waktu yg malah melukai. klise emang, orang, kalau lagi pendekatan yg diliatin yg bagus'y doank.. kalau di tamya balik, mau gag di gituin? bisa dgn lantang jawab "gag lah!"
padahal, hukum yg Yesus ajarkan adalah "perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan" (lukas 6:31)
gag mau disakitin? jgn nyakitin donk. gag mau dicuekin? jgn nyuekin donk.simpel kan? 
kenyataan'y gag sesimpel ini. masih banyak org yg suka bersikap se'enak'y, ditinggalin gag mau, tapi menjalani hubungan'y seperti ogah2an dan se'enak'y.
ckckck
gimanapun juga, sebuah hubungan itu harus dilandasi "memberi dan menerima"
gag bisa dipungkiri, yg satu akan memberi banyak tapi menerima sedikit, karna kadar memperlihatkan rasa sayang pada tiap orang berbeda, tapi gimanapun juga, qta gag bsa menerima tanpa mau memberi.
setiap orang butuh pengakuan dan rasa dimiliki. kamu gag bisa mengasihi tanpa memberi sesuatu, kaya pengertianmu saat dia kesepian, perhatianmu saat dia sakit, ungkapan sayangmu saat dia sedih, rasa tanggung jawabmu pada hubungan kalian, dgn gag bersikap "centil" dibelakang dia (hukum kasih, mau gag liat dia sayang2an sama lawan jenis'y dibelakang kamu? so, jgn berlaku seperti itu dibelakang dia)
berpegang pada komitmen awal, hubungan kalian mau dibawa kemana?
dengan belajar buat saling mengerti, saling mengenal dan komunikasi yg benar, gag akan ada lagi pertengkaran yg buat kalian jadi larut dalam kesedihan gag jelas, gag ada cemburu buta. rasa percaya gag bisa di bangun dalam waktu singkat, butuh tindakan nyata.
belajar bertahan dan berlaku adil pada pasanganmu.
sebelum dia akhir'y gag tahan dan pergi.
kalaupun mungkin kamu gag ada hati dgn pasanganmu saat ini, jujurlah pada'y.
jgn menyakiti kalau kamu gag ingn disakiti.

dengan belajar saling terbuka ini, lambat laun kalian akan dewasa dalam hubungan kalian, dan matang untuk menjalin ikatan yg lebih serius.
jgn lupakan dasar'y, kasih sejati.
belajarlah dari Yesus, Dia terbuka memberitahumu apa yg Dia siapkan untukmu, komitmen Yesus untuk menjaga hatimu Dia ungkapkan dgn jelas dan terbuka. itulah cara mencintai, belajar mengatakan dan bertindak sesuai perktaanmu. belajar berkomitmen.

"Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa." (1 Petrus 4:8).

No comments:

Post a Comment