Search This Blog

Saturday, December 18, 2010

Kualitas kehidupan

setiap dari kita tentu pernah menilai kualitas satu barang baik dari segi bentuk maupun pada segi fungsinya. Tahukah anda bahwa Tuhan juga melihat kualitas didalam hidup kita masing-masing?
Apa yang kita kerjakan akan selalu menentukan kualitas hidup kita dihadapan Tuhan, dan setiap hal yang kita lakukan akan kita dapatkan hasilnya baik itu baik maupun buruk. Tidak ada orang yang akan menuai apa yang baik jika dia menabur yang buruk dan sebaliknya tidak ada orang yang akan menuai apa yang buruk jika dia menabut yang baik karena firman Tuhan menegaskan dalam Galatia 6: 7b, "Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya." Tuhan berfirman dalam Matius 7: 17, "Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik." Tuhan menentukan kualitas hidup kita bagaikan sebuah pohon yang menghasilkan buahnya, Tuhan ingin agar Dia dapat menikmati kualitas hidup kita yang baik bagaikan pohon yang menghasilkan buah yang manis dan disukai oleh orang-orang. Tuhan ingin agar kita bisa menjaga kualitas kita agar tetap utuh dihadapannya.

Bagaimana kita dapat bertumbuh dan berbuah didalam Tuhan serta dapat menghasilkan kualitas hidup yang Tuhan inginkan dalam diri kita?

Firman Tuhan dalam Yohanes 15: 4 mengatakan, "Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku." dan dalam Yohanes 15: 5, dijelaskan "Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa." Orang yang tinggal didalam Tuhan adalah orang yang dapat menghasilkan buah yang baik sesuai kehendak Tuhan dalam hidupnya, sedangkan orang yang hidup diluar daripada Tuhan tidak akan pernah berbuah dan dia akan layu dan mati. Tuhan inginkan supaya hidup kita memiliki kualitas yang baik seperti yang ditulis dalam Yohanes 15: 8, "Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku." Kualitas hidup kita didunia sangat diperlukan untuk memperkenalkan dunia kepada dunia, karena itu apabila anda memiliki kualitas yang baik maka orang akan melihat kuasa Tuhan dalam diri anda dan orang dapat memuliakan nama Tuhan oleh karena anda. Kualitas yang baik sangat diperlukan dalam pribadi kita agar dunia dapat mengerti dan memahami kuasa yang Tuhan nyatakan dalam hidup kita. Tuhan juga telah menyimpan janjiNya kepada kita apabila kita bisa menghasilkan kualitas yang baik dihadapanNya, dalam Yohanes 15: 7 dijelaskan bahwa, "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya."
Bagaimana dengan orang-orang yang tidak menghasilkan kualitas baik bagi Tuhan?
Alkitab dengan tegas menyebutkan dalam Lukas 3: 9, "Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api." Tuhan akan menghancurkan setiap yang tidak baik dari hadapannya kedalam kebinasaan. Tuhan telah memberikan kesempatan bagi kita untuk mengusahakan diri kita untuk menghasilkan yang terbaik bagiNya, tapi apabila kita mengabaikan kesempatan ini maka Tuhan tegaskan dalam Matius 21: 43, "Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu." Tuhan katakan diluar dariNya anda akan hampa, anda tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa Dia dan anda akan binasa. (Yohanes 15: 6, "Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.")

Tuhan mengatakan bahwa, "Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah." (Yohanes 15: 2). Maka dari itu mari kerjakan apa yang Tuhan kehendaki bagi anda, hiduplah didalam Tuhan dan firmanNya maka anda akan berbuah dan buah anda dapat menjadi berkat untuk memuliakan nama Tuhan! Jangan biarkan kualitas kita layu dihadapanNya, tapi biarlah kualitas kita bisa membawakan kemuliaan Tuan dan menyenangkan hati Tuhan....!!!

No comments:

Post a Comment