Search This Blog

Saturday, December 18, 2010

menerima teguran

siapa sih yg gag suka dipuji?
wew
pujian gag cuma bisa buat qta bersemangat, tapi juga bangga, bahwa ada hal positif yg bisa orang lain kagumi dari qta. bangga tentu'y, karna bukan hal yg "biasa" bisa membuat orang lain kagum pada diri qta. Pujian, sanjungan itu menyenangkan, kata lain, qta berhasil menjadi "seseorang" bagi orang lain.
benarkah?
saya sering mendapat pujian, seperti,
"wah, kamu masih muda tapi bijak ya, pinter, dewasa, cantik (kalo yg ini cuma kk cantik saya yg bilang.hahaha)" dan kata2 manis lain'y.
buah'y adalah, 1 teguran bisa membuat saya kesal, marah, dan menganggap si kritikus ini "sok tau" dan penghakim kelas berat. plis deh.
teguran ini datang dari 2orang yg saya sangat kasihi, pacar saya dan kk saya (yg cantik'y seperti saya.hehe).
mereka bilang saya egois, kaya anak kecil, dan gag mau di kritik. Karna pujian yg saya trima lebih banyak dari teguran ini, saya jadi susah sadar. saya sanggah total pendapat mereka. pujian buat saya sombong, parah bgd. dampak'y, saya jauh dari mereka. saya kesepian. ternyata, pujian gag bisa buat saya senang selama'y.
saya jadi teringat sebuah ayat,
"Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya." (Ibrani 12:11).
awal dari kritik itu menyakitkan, gag enak.tapi, setelah saya renungkan, ternyata pujianpun tak menyenangkan. saya jadi seperti orang munafik, sok suci, sok benar. Hupft. gag ada sukacita,malah kemarahan.
puji Tuhan, saya diberi kesempatan untuk menyadari'y dan memperbaiki'y. dan benar, setelah saya melatih diri untuk menyadari bahwa selain saya sombong dan sudah mencuri kemuliaan yg harus'y milik Tuhan, saya pun punya kekurangan yg fatal.
saya menjadi "farisi" masa kini.
"farisi" yg suka menerima pujian (matius 23:7) dan marah saat dikritik (lukas 20:19), karna, merasa bahwa saya tau firman, sudah menjalankan'y, dan juga banyak mengabarkan'y k yg lain..
saya merasa "layak" dipuji karna saya tau firman. Padahal, yg membuat saya dikagumi adalah firman Tuhan yg Tuhan taruh dalam diri saya (dan bisa Dia ambil sewaktu-waktu) bukan karna kepintaran diri saya sendiri. hiks..
andai teguran itu gag datang, saya pasti makin angkuh, dan akhir'y, maut yg saya terima.
Tuhan gag selalu merobohkan qta melalui kejatuhan atau penderitaan berat, terkadang, Dia menegur qta melalui orang disekitar qta. seperti natan yg Tuhan pakai untuk menegur daud karna telah merebut betsyeba dan membunuh uria (2 samuel 12:1-14).

Jangan tersinggung apabika kamu mendapat teguran atau kritik. syukurilah, karna itu bentuk perhatian Tuhan padamu. kritik itu membuat saya tak besar kepala saat pujian datang pada saya, karna saya menyadari bahwa saya masih memiliki kekurangan juga.
"Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal di tengah-tengah orang bijak. Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi. Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan." (Amsal 15:31-33).

No comments:

Post a Comment