Search This Blog

Wednesday, January 5, 2011

Kedewasaan Rohani Ditunjukkan Melalui Hubungan



Saturday, 13 March 2010 11:18
Di bawah pimpinan-Nya, semua anggota tubuh itu tersusun rapih, dan saling dihubungkan oleh sendi-sendinya masing-masing. Dan kalau tiap-tiap anggota itu bekerja seperti yang seharusnya, maka seluruh tubuh itu akan bertumbuh menjadi dewasa dan kuat melalui kasih.  (Efesus 4:16 BIS)

Menjadi bagian dalam keluarga sebuah gereja akan membantu Anda mengembangkan 'otot' rohani. Anda tidak akan pernah bertumbuh menuju kedewasaan hanya dengan menghadiri ibadah dan menjadi penonton pasif. Hanya keikutsertaan dalam kehidupan gereja lokal secara penuh yang akan membangun 'otot' rohani.

Alkitab berkata, "Dan kalau tiap-tiap anggota itu bekerja seperti yang seharusnya, maka seluruh tubuh itu akan bertumbuh menjadi dewasa dan kuat melalui kasih." (Efesus 4:16b - BIS)

Lebih dari lima puluh kali dalam Perjanjian Baru ungkapan "satu sama lain" atau "saling" digunakan. Kita diperintahkan untuk saling mengasihi, berdoa bagi satu sama lain, mendorong satu sama lain, saling menegur, saling menyapa, melayani satu sama lain, mengajar satu sama lain, menerima satu sama lain, saling menghormati, saling menanggung beban, saling memaafkan, tunduk kepada satu sama lain, setia satu sama lain, dan banyak tugas bersama lainnya. Inilah keanggotaan yang alkitabiah!

Ini adalah "tanggung jawab keluarga" Anda bahwa Allah mengharapkan Anda untuk dipenuhi semuanya melalui persekutuan lokal. Dengan siapakah Anda melakukan ini? Hal ini tampak lebih mudah untuk hidup kudus ketika tidak ada orang lain yang ada di sekitar kita yang coba menggagalkannya, namun itu adalah palsu, kekudusan yang belum teruji. Mengisolasi diri akan melahirkan tipu daya; sangat mudah untuk membodohi diri sendiri dengan berpikir kita telah bertumbuh dewasa jika tidak ada orang yang menantang kita.

Kedewasaan sesungguhnya muncul dalam hubungan. Kita membutuhkan lebih dari Alkitab agar tumbuh; kita membutuhkan orang percaya lainnya. Kita tumbuh lebih cepat dan lebih kuat dengan belajar dari satu sama lain dan saling bertanggung jawab kepada satu sama lain. Ketika orang lain membagikan apa yang Tuhan ajarkan kepada mereka, kita juga belajar dan ikut bertumbuh.

No comments:

Post a Comment