Search This Blog

Thursday, January 20, 2011

Benarkah Alkitab menyebutkan Bumi itu Datar?



Seorang pemuda yang berpendirian atheis logis, pasti tidak bisa cermat dalam menafsirkan Alkitab. Ada jebakan di mana-mana, ada jutaan kejutan --- CSS Lewis (mantan atheis)

Alkitab adalah karya sastra, bukan dogma - George Santayana.

Menurut Alkitab Bumi itu Datar?Tidak, pernyataan palsu dan konyol ini tidak pernah diajarkan dalam Alkitab!

Wahyu 7:1 Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.

Pengkritik dan penghujat Alkitab mengklaim bahwa Wahyu 7:01 mengasumsikan bumi berbentuk datar dan bukan bulat karena ayat ini merujuk kepada malaikat berdiri di "empat sudut" bumi. Sebenarnya, hal tersebut malah menunjukkan Alkitab memberikan masukan pd Ilmu Pengetahuan ttg 4 penjuru arah Mata Angin, yaiut rujukan ke arah : utara, selatan, timur, dan barat. Bahkan terminologi ini digunakan hingga hari ini.

Fakta bahwa banyak dasar2 sains terkandung pada Alkitab. Alkitab tidak menunggu laporan para ilmuwan NASA, ataupun laporan astronot/antariksawan yg muncul di abad 20 untuk mengetahui bahwa bumi itu berada pada ruang hampa udara, yaitu Angkasa Raya!! Perhatikan ayat berikut ini:
Ayub 26:7 7 Allah membentangkan utara di atas kekosongan, dan menggantungkan bumi pada kehampaan.... Ajaib bukan?? Bahkan pernyataan ini sudah tertulis sebelum tahun 0 Masehi, atau di zaman Perjanjian Lama!!

Coba perhatikan Ayub 26:10:"Ia telah menarik garis pada permukaan air, sampai ujung perbatasan antara terang dan gelap." Tidakkah terlintas di benak mereka kalau Ayub sudah memikirkan sebuah garis yg sekarang disebut garis 'Horizon' (Cakrawala) yang membatasi pandangan mata manusia karena bentuk bumi ini bulat?
Sebuah bumi bulat juga dijelaskan dalam Yesaya 40:21-22 - "lingkaran bumi." (Tentu saja dinyatakan dalam bahasa SASTRA ALKITAB!):
Tidakkah kamu tahu? Tidakkah kamu dengar? Tidakkah diberitahukan kepadamu dari mulanya? Tidakkah kamu mengerti dari sejak dasar bumi diletakkan?
Dia yang bertakhta di atas BULATAN bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

Amsal 8:27 juga menunjukkan bahwa bumi bulat dengan menggunakan kata lingkaran
(NKJ Bible dan New American Standard Bible:27“When He established the heavens, I was there, When He inscribed a CIRCLE on the face of the deep, 28When He made firm the skies above, When the springs of the deep became fixed,).

Pada abad 6 SM, Pythagoras (Yunani) menyatakan konsep bola bumi bundar. Jika Anda menghadap laut, maka pandangan anda akan dibatasi cakrawala yang muncul sebagai lingkaran. Lingkaran cakrawala ini sebenarnya digambarkan dalam Ayub 26:10. Bangsa Yunani adalah yg pertama kali menemukan istilah Lingkaran di permukaan air yang digunakan untuk membuat bola bumi.
Eratosthenes dari Alexandria (circa 276-194 atau 192 SM) menghitung akurasi keliling bumi yang hanya berselisih "50 mil dari perkiraan sekarang." [Ensiklopedi Brittanica]
Para ahli Yunani juga menarik meridian dan paralel. Mereka mengidentifikasi bidang-bidang seperti kutub, khatulistiwa, dan tropis, namun pada Konsep ini aturan bumi bulat tidak berlaku; orang Romawi lebih konyol lagi dengan menarik bumi hanya sebagai disk (lingkaran bulat) datar dengan lautan sekitarnya.
Pada era modern ini Bentuk bulat planet kita mudah di simpulkan dengan menonton kapal menghilang di cakrawala dan juga dengan mengamati bayang-bayang gerhana , dan kita dapat pula mengasumsikan bahwa informasi seperti itu juga dikenal oleh penulis Perjanjian Baru. Bentuk bola bumi, tentu saja, juga dipahami oleh Christopher Columbus yg berani mengarungi laut samudra, tanpa menghiraukan pendapat orang2 ttg jurang yg akan ditemukannya di ujung bumi.
Namun perlu dicatat bahwa zaman Ayub jauh sebelum bangsa Yunani dan bangsa2 lain menemukan konsep bumi bundar (bola bumi), karena Ayub adalah salah satu buku tertua di Alkitab. Hanya sejarawan umumnya [salah] dalam memberikan kredit bahwa bangsa Yunani menjadi yang pertama untuk menyatakan konsep bola bumi.

Alkitab memang tidak ditulis dengan rumus-rumus dan kesimpulan-kesimpulan ilmiah yang menomorsatukan pengertian logika. Alkitab ditulis dengan bentuk karya sastra karena Alkitab penuh dengan hal-hal KETUHANAN (Divine). Tidak ada satupun yang dapat merumuskan masalah keTuhanan dengan akal dan konsep pemikiran manusia. Namun bukan berarti Alkitab menjadi anti ilmu pengetahuan, bahkan Alkitab itu sebenarnya sumber Ilmu Pengetahuan sejati. Ketika Alkitab menyentuh subjek ilmiah, maka setiap fakta ttg ilmu pengetahuan dalam Alkitab sepenuhnya akurat.

Tuhan Memberkati

Disarikan dari artikel: Flat Earth
 http://christiananswers.net/creation/menu-bible.html#flatearth
http://external.ak.fbcdn.net/safe_image.php?d=1ceccdb5582393a0668317897b8b41c3&w=90&h=90&url=http%3A%2F%2Fchristiananswers.net%2Fcreation%2Fbooks2.gif%23flatearth
christiananswers.net
index of questions-and-answers on the Bible and Creation/Evolution

No comments:

Post a Comment