Search This Blog

Wednesday, January 5, 2011

Hukuman Tuhan Berguna untuk Mendidik Dalam Kebenaran



Saturday, 28 November 2009 10:14
Segala penderitaan, masalah, kesakitan bahkan kematian bisa terjadi sebagai ganjaran akibat dari ketidaktaatan kita. Tuhan menghukum, tapi selalu ada sebabnya. Tuhan mengijinkan musibah terjadi tapi semuanya selalu IA buat untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Tuhan memang memberikan teguran bahkan pukulan tapi itu berguna untuk mendidik kita dalam kebenaran.

Tuhan membunuh Uza karena dia tidak taat. Dia merasa tabut TUHAN sudah sangat biasa dirumahnya, karena memang sudah puluhan tahun ada dirumahnya. Jadi dia tidak lagi menaruh hormat pada perintah TUHAN untuk tidak menjamah tabut itu. Nah begitu tabut itu tergelincir dia berusaha menolong TUHAN dengan melanggar perintah TUHAN, suatu hal yang salah, tak heran Uza dihukum karena pelanggarannya.

Ketidaktaatan selalu ada hukuman. Dosa tersembunyi selalu akan diungkapkan. Jika tidak mau bertobat maka hukuman Tuhan akan datang. Sungguh berat jika Tuhan memukul setelah kita tidak mau taat meski sudah diperingatkan berkali-kali.

Tiga bulan lamanya Daud berkabung dan tidak mau memindahkan tabut ALLAH. Namun setelah didengarnya tabut itu membawa berkat bagi rumah Obed Edom, tempat tabut itu diletakkan sementara waktu maka Daud bangkit dan mengangkat kembali tabut Allah dengan penuh kegirangan. Ia melupakan kesedihannya atas bencana sebelumnya dan kini ia ganti dengan kegirangan dan menari-nari seperti orang gila di depan tabut itu. Daud mengangkat bait Allah ke dalam kota Daud dengan diiringi sorak sorai dan tarian.

Begitulah seharusnya yang anda lakukan setelah musibah terjadi. Bersukacita dan bersyukurlah senantiasa. Wajar saja jika anda menjadi marah kepada Tuhan, tapi segeralah akhiri tindakan itu dan mulailah bersikap menerima semua musibah yang datang dengan kepasrahan sambil bersyukur pada Tuhan. Bahwa apa yang DIA buat baik adanya. Segala yang Tuhan ijinkan terjadi adalah berkat bagi kita.

Roma 8:28, Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana 

No comments:

Post a Comment