Search This Blog

Saturday, November 27, 2010

Bagaimana saya dapat menjadi seorang Kristen?



Pertanyaan: Bagaimana saya dapat menjadi seorang Kristen?

Jawaban: Langkah pertama untuk menjadi seorang Kristen adalah memahami apa artinya “Kristen.” Kata “Kristen” bersumber dari kota Antiokhia di abad pertama A.D. (lihat Kisah 11:26). Ada kemungkinan bahwa pada mulanya istilah “Kristen” dimaksudkan sebagai penghinaan. Kata tsb. pada dasarnya berarti “Kristus kecil.” Namun demikian, setelah berabad-abad, orang-orang yang percaya pada Kristus mengadopsi istilah “Kristen” dan menggunakannya sebagai identifikasi mereka yang adalah para pengikut Yesus Kristus. Definisi sederhana dari Kristen adalah orang yang mengikuti Kristus.

Mengapa saya seharusnya menjadi seorang Kristen?
Yesus Kristus menyatakan bahwa Dia “datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Markus 10:45) Pertanyaan yang timbul: mengapa kita perlu ditebus? Penebusan adalah pembayaran yang harus dilakukan untuk membebaskan seseorang. Konsep penebusan paling sering digunakan dalam penculikan, di mana seseorang diculik dan dijadikan sandera sampai tebusan dibayar untuk membebaskan orang tsb.

Yesus menebus kita untuk membebaskan kita dari tawanan! Tawanan apa? Tawanan dosa dan konsekwensinya, kematian secara fisik yang diikuti dengan terpisah secara kekal dari Allah. Mengapa Yesus perlu membayar tebusan ini? Karena kita semua sudah dijangkiti dengan dosa (Roma 3:23), dan karena itu layak mendapat hukuman dari Allah (Roma 6:23). Bagaimana Yesus menebus kita? Dengan mati di kayu salib untuk membayar hukuman dosa kita (1 Korintus 15:3; 2 Korintus 5:21). Bagaimana kematian Yesus bisa cukup untuk membayar semua dosa kita? Yesus adalah Allah dalam wujud manusia, Allah datang ke dalam dunia untuk menjadi salah seorang dari kita sehingga Dia dapat mengidentifikasikan diri dengan kita dan mati bagi dosa-dosa kita (Yohanes 1:1, 14). Sebagai Allah, kematian Yesus tak terhingga nilainya, cukup untuk membayar dosa dari seluruh dunia (1 Yohanes 2:2). Kebangkitan Yesus setelah kematianNya menunjukkan bahwa kematianNya merupakan pengorbanan yang sudah cukup, bahwa Dia benar-benar telah mengalahkan dosa dan kematian.

Bagaimana saya dapat menjadi seorang Kristen?
Ini adalah bagian yang paling baik. Karena Dia mengasihi kita, Allah telah amat menyederhanakan cara menjadi orang Kristen. Yang Anda perlu lakukan adalah menerima Yesus sebagai Juruselamat Anda, secara penuh menerima kematianNya sebagai pengorbanan yang cukup untuk dosa-dosa Anda (Yohanes 3:16), percaya sepenuhNya kepada Dia sebagai satu-satunya Juruselamat (Yohanes 14:6; Kisah 4:12). Menjadi seorang Kristen bukanlah soal upacara, pergi ke gereja, atau melakukan sesuatu sambil berpantang melakukan yang lainnya. Menjadi orang Kristen adalah memiliki relasi pribadi dengan Yesus Kristus. Hubungan pribadi dengan Kristus, melalui iman, adalah yang membuat seseorang menjadi orang Kristen.

Apakah Anda siap untuk menjadi seorang Kristen?
Jikalau Anda siap untuk menjadi seorang Kristen dengan menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah percaya. Apakah Anda mengerti dan percaya bahwa Anda sudah berdosa dan pantas untuk dihukum oleh Allah? Apakah Anda mengerti dan percaya bahwa Yesus menanggung hukuman itu pada diriNya, mati menggantikan Anda? Apakah Anda mengerti dan percaya bahwa kematianNya merupakan pengorbanan yang cukup untuk membayar dosa-dosa Anda? Jikalau Anda menjawab ya untuk ketiga pertanyaan ini, Anda hanya perlu menempatkan kepercayaan Anda kepada Yesus sebagai Juruselamat Anda. Terima Dia, dengan iman, percaya sepenuhNya hanya kepada Dia. Hanya itu yang diperlukan untuk menjadi seorang Kristen.

Apakah Anda membuat keputusan untuk menerima Kristus karena apa yang Anda baca di sini? Jika demikian, klik pada tombol “Saya telah menerima Kristus pada hari ini” di bawah.

No comments:

Post a Comment